Kamis, 02 Februari 2012

ASIKNYA JADI WARTAWAN

Setelah sekian lama gw vakum (berasa artis yg gak muncul2 di dunia keartisanya karena gx ada gosip tentang dirinya) ngisi blog ini akhrinya gw muncul di tahun yg baru dengan posting yang rada agak gx penting. (apasih kalimat gw bener2 berantakan bgt) maklum lah karna udah gak pernah bertemu dgn matakuliah “analisis teks media” lah makin ngaco aja nih postingan gw..
Baiklah gw akan mulai serius nulis blog ini..
Dikesempatan kali ini gw bakal ngebahas tentang asiknya jadi WARTAWAN
Ya walaupun gw gak bener2 jadi wartawan beneran
Seenggaknya gw pernah ngerasain jadi wartawan cilik di sebuah harian harian pagi
Namanya “RADAR BOGOR”   selama kurang lebih 3 bulan lah
Berawal dari kegiatan PKL (PRAKTEK KERJA LAPANGAN) gw merasakan asiknya jadi wartawan.
Selama 3bulan itu gw, faiz dan niko (itu bukan nama2 mantan gw melainkan temen2 gw kuliah dan sekaligus temen pkl) ngerasain yg namanya cape, susah, seneng sampe sakitpun kita pernah gara2 liputan.
Jadi wartawan itu memang gx gampang dan gx terlalu susah juga. Intinmya loe harus pandai2 nanya sama narasumber dan lu harus tau sikon.
Selama 3 bulan jadi wartawan itu gw menyimpulkan bahwa jadi wartawan itu asik broo.
1.       KETEMU BANYAK ORANG          
Ketemu banyak orang bukan dalam konteks sama dengan ke mall broo,, ketemu banyak orang disini adalah lu bakal ketemu dgn banyak orang yang bakal lu jadiin narasumber. Disinilah keasikan yg akan lu alami. Lu akan bertemu dgn bermacam2 orang dgn sifat yg berbeda2. Mulai dari maling, rampok, pejabat, bahkan artis sekalipun.
2.       KETEMU ORANG TERKENAL      
Ya disini hampir2 sama kaya di poin pertama yg gw bilang. Lu bisa aja ketemu sama artis2 yang terkenal ataupun orang2 yg lagi ngehitz. Disinilah keasikan menjadi seorang wartawan. lu bukan hanya jadi penonton mereka di layar televisi, tp kl lu jadi wartawan lu bisa ngobrol langsung bahkan kl ada orang2 yg emang enak diajak ngobrol lu bisa berseda gurau. Tp inget lu jgn lupa dgn tujuan utama ya itu mencari informasi buat bahn tulisan lo.
3.       SERING BERPERGIAN   
Nah bagian ini paling gw senengin. Ya walaupun gw hanya jadi wartawan cilik yg mengitari bogor dan sekitarnya, tp gw seneng gw tau tempat2 baru yg ada dibgr yg sebelunya gw gx pernah tau. Gw juga jadi sering wisata kuliner di tempat2 makan yg enak ataupun gw pernah menikmati spa n creambat gratis saat gw ngeliput disalon2 yg baru.
4.       TAMBAH TEMAN DAN PENGALAMAN  
Nah dari 3 poin diatas yg paling asik adalah tambah teman dan pengalaman, dari kegiatan2 jurnalistik kita, kita bkl banyak bgt dapet teman2 baru dan pengalaman2 baru yg sebelumnya lu gx pernah dapet..
Yuuppp segitu dulu yg bisa gw share kekalian..lain kali gw akan shared pengalaman2 sebagai wartawan kekalian..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar